Search

Terpopuler - KLHK Gelar Pameran Keanekaragaman Hayati

Terpopuler - KLHK Gelar Pameran Keanekaragaman Hayati

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menyelenggarakan acara Pameran Keanekaragaman Hayati Nusantara Expo 2019. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 8 November – 8 Desember 2019 di Lapangan Banteng, Jakarta.

Penyelenggaraan kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang diperingati setiap tanggal 5 November.
Pameran Keanekaragaman Hayati Nusantara Expo Tahun 2019 akan mengangkat tema Membangun Generasi Millenial Cinta Puspa dan Satwa Nasional untuk Indonesia Unggul.

“Acara nantinya akan dikuti oleh instansi pemerintah Pusat dan daerah (Provinsi dan kabupaten/ Kota), Badan Usaha Milik Negara, Swasta, UKM Penangkaran Satwa dan UKM Pembibitan Tanaman, dan Civil Society Organization (CSO),” kata Kepala Penyajian dan Layanan Informasi Publik KLHK Nuke Mutikania, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Kata dia, acara ini sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat terutama generasi milenial untuk melindungi dan mencintai flora dan fauna melalui rangkaian Pameran Keanekaragaman Hayati Nusantara. Apalagi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, yang memiliki sejumlah ekosistem unik yang harus terus dikenalkan kepada masyarakat.

“Seperti lebiih dari 25.000 jenis tumbuhan bunga, 500 jenis mamalia, 600 jenis reptil, 1.500 jenis burung, 270 jenis amphibi dan lebih dari 2.500 jenis ikan serta keanekaragaman lainnya,” ujar dia.

Menurut dia, kekayaan tersebut menjadi kebanggaan sekaligus tanggungjawab semua pihak untuk terus menjaga dan melestarikan keragaman serta habitatnya.
Pada peringatan HCPSN Tahun 2019, telah diusulkan ikon satwa yaitu Burung Isapmadu Rote (Myzomela irianawidodoae), dan untuk ikon puspa yaitu Saninten (Castanopsis argentea).

Ikon Puspa dan Satwa ini diusulkan untuk lebih memperkenalkan serta mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati sebagi aset dan dijaga dari kepunahan di habitat aslinya di alam Indonesia.

Penyelenggaraan pameran Keanekaragaman Hayati Nusantara tahun 2019, ini dapat menjadi agenda rutin tahunan dan sebagai bentuk penyebarluasan informasi kepada masyarakat khususnya generasi muda tentang kekayaan flora dan fauna yang dimiliki Indonesia, dan upaya pelestariannya.

Serangkaian acara akan hadir antara lain yaitu Talkshow, Carnaval Kostum Flora Fauna, serta aneka lomba seperti lomba kicau mania, lomba membuat Video Youtuber, lomba desain filateli, lomba desain Kostum baju-baju flora fauna, lomba fotografi.

KLHK menyampaikan apresiasi kepada PT. Malik Ghonniyu Razaak selaku penyelenggara kegiatan Pameran Keanekaragaman hayati Nusantara 2019 untuk memeriahkan peringatan HCPSN.

“Kami harapkan dari kegiatan ini akan muncul rasa cinta dan rasa memiliki terhadap puspa dan satwa Indonesia sebagai kekayaan bangsa Indonesia bagi generasi mendatang,” kata dia. [hid]

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - KLHK Gelar Pameran Keanekaragaman Hayati"

Post a Comment

Powered by Blogger.