Search

Terpopuler - Rasio Elektrifikasi Sudah Mencapai 98,86%

Terpopuler - Rasio Elektrifikasi Sudah Mencapai 98,86%

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian ESDM mencatat, Rasio Elektrifikasi (RE) nasional sampai September 2019 sudah mencapai 98,86% dari target 99,90%. Nah, tinggal 1,04% lagi pemerintah bisa mencapai target RE di tahun 2019 ini.

"Kami mencatat rasio elektrifikasi (RE) sampai September 2019 sudah mencapai 98,86%," kata Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman Hutajulu saat jumpa di kantornya, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Dia mengatakan, setidaknya ada 1.1 juta rumah tangga (RT) yang harus dilistriki. Selain melistriki dengan jaringan PLN (on grid), upaya melistriki juga dilakukan off grid melalui Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) atau swadaya masyarakat.

Dari jumlah tersebut, diperkirakan ada 734 ribu rumah tangga yang harusnya dilistriki oleh PLN dan 349 ribu melalui LTSHE. "Masih terus kami selesaikan, mudah-mudahan tahun depan selesai," kata dia.

Dia mengatakan, jumlah itu tersebar disejumlah wilayah Indonesia. Antara lain, Papua, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, dan Mentawai. "Jadi bagaimana caranya kami genjot daerah tersebut bisa naik," ujar dia.

Direktur Jenderal Ketenagalistikan Rida Mulyana optimis target itu bisa tercapai. Pemerintah, kata dia, akan melakukan berbagai upaya untuk mencapai target tersebut.

"Apa yang kemudian teman-teman tanyakan, supaya jelas, lisdes terset up dari awal. Kalau dengar launching Papua Barat 1000 renewable energy juga upaya mencapai 99,9% yang sudah dimulai," ujar dia.[jat]

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Rasio Elektrifikasi Sudah Mencapai 98,86%"

Post a Comment

Powered by Blogger.