Search

Terpopuler - Kelompok Pro-Beijing Tarik Lennon Walls

Terpopuler - Kelompok Pro-Beijing Tarik Lennon Walls

INILAHCOM, Hong Kong--Kelompok-kelompok pendukung China menarik "Lennon"Walls" dari pesan-pesan protes anti-pemerintah di seluruh Hong Kong. Aksi tersebut meningkatkan kemungkinan bentrokan dengan para pendukung demokrasi.

Dinding-dinding itu dinamakan Lennon Walls karena mengadopsi Dinding John Lennon di Praha yang dikuasai komunis pada 1980-an. Dinding-dinding tersebut ditutupi dengan lirik Beatles dan pesan-pesan mengenai politik.

Menurut berita yang dilansir Reuters, pada pertengahan Sabtu pagi kemarin, lusinan pendukung Beijing mulai merobohkan mosaik-mosaik besar berisi catatan-catatan penuh warna yang menyerukan demokrasi dan mencela campur tangan China di bekas jajahan Inggris tersebut.

Instalasi yang disebut dengan Lennon Walls ini telah berkembang di sejumlah tempat di Hong Kong, seperti pusat keuangan Asia, di halte bus dan pusat perbelanjaan, di bawah jembatan dan di sepanjang trotoar pejalan kaki.

Mereka juga sesekali menjadi hot spot kekerasan di tiga bulan kerusuhan kota.

Seorang legislator kota pro-Beijing, Junius Ho, yang telah menjadi kritikus vokal, telah mendesak para pendukungnya untuk membersihkan sekitar 100 Lennon Walls di sekitar kota.

Demonstrasi telah dilakukan selama berbulan-bulan dan cenderung memuncak pada akhir pekan. Seringkali aktivis anti-pemerintah menggunakan topeng dan berpakaian hitam, melemparkan bom bensin ke polisi, menghancurkan stasiun metro, memblokir jalan bandara dan menyalakan api jalanan .

Kadang-kadang, mereka dihadang oleh para pendukung Beijing yang memegang tongkat. [voa/lat]

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Kelompok Pro-Beijing Tarik Lennon Walls"

Post a Comment

Powered by Blogger.