Search

Terpopuler - Billboard Indonesia Top 100 Jadi Barometer Musik

Terpopuler - Billboard Indonesia Top 100 Jadi Barometer Musik

INILAH.COM, Jakarta - Tangga lagu atau chart Billboard yang membuat tabulasi tentang popularitas singel atau album di Amerika Serikat kini hadir di Indonesia dengan nama Billboard Indonesia.

Menandai peresmiannya di Tanah Air, tangga lagu ini merilis "Billboard Indonesia Top 100" untuk publik. Terdapat 100 lagu Indonesia rilisan lama maupun baru yang masuk dalam daftar tembang paling populer tersebut.

Penikmat musik dan masyarakat umum bisa mengakses daftar lengkap tangga lagu pada situs resmi Billboard Indonesia. Program pemeringkatan popularitas lagu itu bakal terus diperbarui tiap pekan.

"Semoga tangga lagu ini berguna untuk banyak pihak dan bisa menjadi barometer musik dalam negeri. Memberikan manfaat untuk musisi, perusahaan rekaman, maupun masyarakat," kata Chief Operating Billboard Indonesia, Aldo Sianturi, dalam keterangannya, di Jakarta, baru-baru ini.

"Billboard Indonesia Top 100" menghadirkan beragam genre musik. Nantinya, setiap pekan popularitas lagu dari berbagai aliran musik tersebut akan mengalami perubahan peringkat yang didapat dari berbagai data sehingga menghasilkan skor akhir.

Posisi lagu di "Billboard Indonesia Top 100" mengacu pada empat komponen. Ada data aplikasi platform streaming musik, platform streaming video, pemutaran di stasiun radio, dan pemutaran jaringan karaoke.

Saat ini, kata Aldo, hadirnya teknologi digital semakin memudahkan penghimpunan data untuk tangga lagu. Aldo mengklaim tangga lagu dari data Billboard Indonesia sangat objektif dalam mengukur popularitas lagu.

"Ada metodologi pengukuran yang menjadi pegangan Billboard, transparansi dan akurasi jadi dua hal utama. Kompilasi himpunan data kami lakukan dengan rasio tertentu sehingga perhitungan yang dilakukan relevan terhadap market," papar Aldo.

Hadirnya Billboard Indonesia diharapkan ke depan dapat menjadi barometer industri musik di Tanah Air. Sebab, bagi musisi dengan masuknya karya mereka di tangga lagu bisa menjadi legitimasi perjalanan karier. [adc]

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Billboard Indonesia Top 100 Jadi Barometer Musik"

Post a Comment

Powered by Blogger.