Search

Terpopuler - Hikmah Persahabatan dan Pelajaran Bisnis

Terpopuler - Hikmah Persahabatan dan Pelajaran Bisnis

KEMARIN saya menyambut dan mengantarkan tamu orang Thailand, salah seorang pembesar Siam Cement Group (Semen SCG). Semen SCG itu adalah semen tertua yang mulai produksi sejak 1913. Tamu ini dikawal pembesar PT Zaza dan PT Laksana untuk berkeliling Surabaya dan Madura. Di Madura, kami disambut oleh sahabat akrabnya Mat Kelor, alumni haji PT Kanomas Surabaya. Suasana menjadi cair dan bersahabat sekali. Obrolannya berkisar masalah bisnis, dakwah dan kemanusiaan.

Saya banyak belajar dari para pembesar itu bahwa dalam berbisnis kita harus benar-benar memperhatikan masalah etika. Jangan senang membuat tersinggung mitra bisnis, jangan mengecewakan siapapun dan bahkan jangan pernah berniat untung sendiri dengan merugikan orang lain. Bayarkan hak orang lain tepat pada waktunya, dan selalulah bersikap amanah. Dalil agama tentang itu saya paham sekali, namun kesimpulan yang berangkat dari pengalaman nyata harian baru saya dapatkan langsung dari pelaku bisnis ini.

Semen SCG ini kini ekspansi ke Jawa Timur. Group semen ini sungguh berusaha membangun bisnis ini dengan perhatian penuh pada etika bisnis dan kemanfaatan bagi kemanusiaan. Owner PT Zaza memberikan petuah: "Jangan tamak, berbagilah." Kata-katanya singkat namun penting untuk selalu diingat. Manusia mati tak membawa serta harta selain beberapa lembar kain kafan saja. Amal baiknya lah yang akan menemaninya di alam barzah dan di akhirat kelak.

Akhirnya saya ingat kata-kata guru Mat Kelor di suatu waktu: "Yang didoakan baik oleh banyak orang bukanlah orang yang memiliki banyak harta, melainkan yang berbuat banyak amal dengan hartanya." Saya bangga dan bahagia diajari berbisnis oleh orang-orang hebat hari ini. Karena basic saya adalah pengetahuan agama, semua petuah bisnis hari ini saya sesuaikan dengan dalil agama yang saya ketahui. Ternyata klop, nasehat baik pasti sejalan dengan dalil agama.

Luar biasa hikmah persahabatan dan silaturrahim. 237 benar menjadi salah satu angka kunci sukses bahagia. Re-la-si, begitulah ahli not lagu membacanya. Salam, AIM. [*]

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Hikmah Persahabatan dan Pelajaran Bisnis"

Post a Comment

Powered by Blogger.