Search

Terpopuler - Inilah Pemicu Harga Emas Berjangka Jatuh

Terpopuler - Inilah Pemicu Harga Emas Berjangka Jatuh

INILAHCOM, New York - Harga emas tergelincir pada hari Selasa (12/11/2019) ke level terendah dalam lebih dari tiga bulan karena meningkatnya selera untuk aset berisiko. Sementara Presiden AS Donald Trump gagal memberikan informasi tentang kesepakatan perdagangan dengan China dalam pidatonya.

Spot gold tergelincir 0,1% menjadi US$1.453,70 per ons, setelah menyentuh level terendah sebelumnya, sejak 5 Agustus 2019. Emas berjangka AS menetap turun 0,2% pada US$1.453,70 per ounce.

"Masalah untuk emas saat ini adalah imbal hasil (Treasury) telah meningkat, probabilitas bahwa Federal Reserve akan mengetat (kebijakan moneter) telah turun dan pasar ekuitas telah kembali dengan sangat baik," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities seperti mengutip cnbc.com.

Setiap pengurangan dalam perilaku agresif di front perdagangan akan mendorong investor menjauh dari emas, katanya.

Saham dunia dan imbal hasil obligasi pemerintah naik tipis, sementara indeks S&P 500 dan Nasdaq naik ke rekor tertinggi.

Sementara itu, pasar sedang mencari jaminan pada perjanjian perdagangan Sino-AS dan untuk setiap keterlambatan dalam keputusan tentang tarif mobil Eropa dari alamat Trump di Economic Club of New York.

"Ada optimisme yang dijaga (di pasar) dan kami memiringkan pada gagasan bahwa akan ada beberapa kesepakatan yang dilakukan, mungkin tidak selengkap yang diperdebatkan oleh kedua belah pihak," tambah Melek.

Namun, Trump sekali lagi membidik The Fed untuk kebijakan suku bunganya dalam pidato yang sangat dinanti-nantikan yang tidak memberikan perincian baru tentang perang dagang jangka panjang pemerintahannya dengan Cina.

Emas, dianggap sebagai penyimpan nilai yang aman selama ketidakpastian ekonomi dan politik, telah meningkat sekitar 13% sepanjang tahun ini di tengah kekhawatiran mengenai resolusi perdagangan AS-China dan pelonggaran kebijakan moneter oleh bank sentral global.

"Bullish logam mulia mencoba menstabilkan pasar mereka setelah tekanan jual yang kuat baru-baru ini telah mendorong harga ke posisi terendah tiga bulan," analis senior Kitco Metals Jim Wyckoff mengatakan dalam sebuah catatan.

Bullion turun 3,6% di minggu sebelumnya dan memperpanjang penurunan ke sesi keempat berturut-turut pada hari Selasa.

Juga di radar investor terus kerusuhan di Hong Kong, dengan seorang perwira senior mengatakan protes telah membawa kota ke "ambang kehancuran total."

Di antara logam mulia lainnya, paladium naik 0,8% menjadi US$1.700,60 per ons, setelah menyentuh level terendah satu bulan di sesi sebelumnya.

Perak turun 0,7% menjadi US$16,74 per ounce, dan platinum turun 0,8% menjadi US$868,86, setelah menyentuh level terendah sejak 28 Agustus di awal sesi.

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Inilah Pemicu Harga Emas Berjangka Jatuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.