Search

Terpopuler - Membaca Tim Ekonomi Jokowi, Rizal Ingatkan Utang

Terpopuler - Membaca Tim Ekonomi Jokowi, Rizal Ingatkan Utang

INILAHCOM, Jakarta - Ekonom senior Rizal Ramli mengkritisi bertahannya Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari tayangan YouTube Macan Idealis, Rizal Ramli menyebut Sri Mulyani sebagai 'Menteri Terbalik', karena kebijakannya justru merugikan masyarakat.

Rizal menilai, Sri Mulyani sudah gagal, dan tidak seharusnya dipertahankan Jokowi di kabinet. Di hadapan Vasco Ruseimy, Rizal Ramli mulanya menyebut Sri Mulyani selalu memberikan bunga surat utang negara yang lebih tinggi dari yang sewajarnya.

"Terus tim ekonomi utamanya, saya biasa katakan menteri keuangan terbalik, dia terbaik dari segi kreditor karena suka kasih bunga 2 persen lebih mahal dari biasanya," kata mantan Menko Ekuin era Presiden Gus Dur ini.

Menurut Rizal Ramli, bunga tersebut menyebabkan utang Indonesia menjadi semakin bertambah. "Memang kecil kelihatannya 2 persen, tapi kalau bon 1 miliar dolar untuk jangka waktu 10 tahun. Berbunga 2 persen 10 tahun itu bisa sepertiganya, jadi utang 10 miliar dolar tambahan bunganya saja 3 miliar dolar," jelas Bang RR, sapaan akrab Rizal Ramli.

Celakanya lagi, kata Rizal, beban utang tersebut menjadi tanggungan rakyat. Karena, subsidi energi harus dikurangi, berdampak kepada kenaikan harga. "Yang bayar rakyat biasa, dalam bentuk apa? Bentuk harga-harga dinaikin, subsidi dipotong, macem-macem," kata Rizal.

Ke depan, dirinya pesimis dengan perekonomian Indonesia bisa membaik. Yang ada, jumlah utang Indonesia bakal terus membubung. "Tapi kebanyakan track record-nya kan bermasalah, kinerjanya payah, yang payah gini diandalin? Ya bisanya cuma ngutang lagi, ngutang lagi," ujarnya. [ipe]

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Membaca Tim Ekonomi Jokowi, Rizal Ingatkan Utang"

Post a Comment

Powered by Blogger.