Search

Terpopuler - Dongeng jadi Alat Terapi Kecanduan Gawai

Terpopuler - Dongeng jadi Alat Terapi Kecanduan Gawai

<B>INILAHCOM, Jakarta - Mendongeng ternyata bisa menjadi terapi pulihkan trauma dan sembuhkan kecanduan gadget atau gawai. </B>

Mendongeng itu seru dan menyenangkan. Selain itu mendongeng sebagai terapi anak kecanduan gawai, trauma healing pasca bencana, trauma kekerasan, trauma pasca perceraian.

Contohnya orang terkena musibah banjir besar atau gempa tiba-tiba, menghancurkan perkampungan dan menyebabkan warga untuk tinggal di pengungsian. Kemudian menyebabkan anak-anak bahkan orang dewasa mengalami trauma. Misalnya mereka menjadi panik, cemas, takut berlebihan saat melihat langit mulai mendung dan rintik hujan ataupun anak yang kecanduan gawai tiba-tiba tidak bisa login di media sosial teriak-teriak histeris.

Itulah sebabnya mendongeng adalah terapi bisa menghibur, merasa lebih tenang dan senang, sehingga kepanikan dan kecemasannya hilang.

"Di rumah Amalia kegiatan mendongeng dibuat program khusus dengan jadwal yang rutin. Hal tersebut agar manfaatnya dapat lebih cepat dan lebih besar dirasakan oleh anak," kata Muhammad Agus Syafii, pemilik Rumah Amalia, Jakarta, Selasa, (26/11/2019).

Masih menurutnya, terapi dalam proses trauma healing setiap anak berbeda-beda. Lama waktunya tergantung dari kondisi.

"Ada yang bisa cepat mengatasi trauma, ada juga butuh waktu. Trauma healing dengan dongeng sesuai dengan kondisi anak," tambahnya.

Ketika menjadikan dongeng sebagai terapi, kita harus memperhatikan kondisi anak-anak. Jika mereka sudah terlihat lebih tenang dan kepercayaan dan nyaman pendongeng terapis  dengan anak anak juga sudah terjalin.

"Kita bisa juga mulai memberikan dongeng misalnya dengan tema Singkirkan Hp mu, bermain yuk. Sehingga anak-anak bisa meninggalkan gawai dan memilih bermain lari-larian, petak umpet, kena-kenaan, patung Pancoran, tepuk nyamuk," paparnya.

Hal ini juga diharapkan dapat mempengaruhi pola pikir dan mengubah cara pandang mereka. diharapkan anak yang mengalami trauma maupun anak yang kecanduan HP bisa menjadi pulih kembali, hidup lebih nyaman, lebih bahagia, lebih indah dan menemukan jati dirinya.(tka)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Dongeng jadi Alat Terapi Kecanduan Gawai"

Post a Comment

Powered by Blogger.