Search

Terpopuler - Demi Periode Kedua, Trump Disarankan Abaikan China

Terpopuler - Demi Periode Kedua, Trump Disarankan Abaikan China

INILAHCM, New York - Presiden Donald Trump akan lebih baik tidak memotong kesepakatan perdagangan dengan China, karena itu bisa menjadi bumerang baginya menjelang pemilihan AS 2020.

Demikan pandangan direktur pelaksana dan kepala ekonom di CME Group. "Masalah politik sangat serius di sini," kata Bluford Putnam seperti mengutip cnbc.com, Rabu (18/9/2019).

“Presiden Trump menghadapi oposisi Demokrat yang benar-benar tidak menyukai China. Tetapi ia juga menghadapi, di pihak Partai Republik-nya. Orang-orang yang ingin dia menjadi lebih keras di Tiongkok. Jadi, dia lebih baik tidak pernah memotong kesepakatan (perdagangan). Jika dia membuat kesepakatan, dia akan dikritik dari kedua belah pihak," katanya.

“Jika dia tetap tegar, dia bisa melewatinya dengan baik. Omong-omong, yang mana adalah masalah yang sama (Presiden Cina) yang dimiliki Xi Jinping: Dia tidak bisa menyerah pada pelaku seperti Presiden Trump, jadi apa yang akan dia lakukan? Dia juga tidak menginginkan kesepakatan,” tambahnya.

Putnam yakin tidak akan ada keputusan tentang kesepakatan sebelum pemilihan AS tahun depan. Setelah mendukung kebijakan "Amerika Pertama" kepada pemilih menjelang pemilu 2016, Trump akan menyadari bahwa oposisi Partai Demokrat, dan pemilih. Mereka akan dengan cepat mengkritik pendekatannya terhadap perdagangan global dan China. Ini jika ekonomi AS menderita sebagai akibatnya.

Sejak awal 2018, AS dan China telah terlibat dalam sengketa perdagangan dengan kedua negara yang mengenakan tarif impor satu sama lain bernilai miliaran dolar. Trump memprakarsai tarif mengutip praktik perdagangan tidak adil dari Cina dan menuduhnya pencurian kekayaan intelektual.

Pembicaraan untuk melanjutkan sengketa perdagangan sejauh ini menghasilkan sedikit jalan keluar dari solusi. Bahkan, situasinya memburuk dalam beberapa pekan terakhir dengan tarif baru AS pada $ 112 miliar barang-barang konsumsi Tiongkok, dan lebih banyak jatuh tempo akhir tahun ini. China merespons dengan tarif pembalasan atas barang-barang AS senilai US$75 miliar.

Tarif baru bisa menelan biaya rata-rata rumah tangga Amerika US$1.000 per tahun, menurut perkiraan JP Morgan dan terlihat telah mencapai pertumbuhan baik AS dan global. Pada bulan Juli, Dana Moneter Internasional memperkirakan pertumbuhan AS menjadi 2,6% pada 2019 dan moderat menjadi 1,9% pada 2020.

Dana tersebut menurunkan perkiraan pertumbuhan global menjadi 3,2% pada 2019, turun dari perkiraan April 3,3%, mengutip "ketegangan perdagangan dan teknologi yang mengurangi sentimen dan memperlambat investasi" sebagai salah satu alasannya. Ini memperkirakan pertumbuhan global 3,5% pada tahun 2020.

Putnam CME Group mengatakan, warga AS tidak terlalu memperhatikan metrik ekonomi jika kehidupan mereka berjalan cukup lancar.

“Di publik Amerika, dan saya pikir secara umum, ini tentang narasi yang ingin diceritakan konsumen. Ini adalah kisah yang mereka internalisasikan - dan mereka tidak menginternalisasi angka-angka seperti yang kita lakukan di bidang keuangan. Selama orang memiliki pekerjaan dan mereka tidak khawatir tentang tetangga mereka kehilangan pekerjaan, tingkat kepercayaan akan cukup tinggi sehingga pemilih rata-rata akan baik-baik saja dengan jenderal yang lesu bersama dengan ekonomi," katanya.

Putnam yakin pemilu 2020 akan diperjuangkan dengan "diplomasi, perang dagang, imigrasi, dan masalah perawatan kesehatan."

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Demi Periode Kedua, Trump Disarankan Abaikan China"

Post a Comment

Powered by Blogger.