Search

Terpopuler - China Kian Berburu Aset NonDolar AS

Terpopuler - China Kian Berburu Aset NonDolar AS

INILAHCOM, Beijing - China sangat terpapar dengan dolar AS, tetapi sekarang, dengan risiko "decoupling," Beijing secara diam-diam mendiversifikasi cadangannya untuk mengurangi ketergantungannya pada mata uang cadangan terbesar di dunia, kata para analis.

Ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung dengan AS telah "meningkatkan risiko decoupling keuangan" antara dua ekonomi terbesar.

Demikian ANZ Research mengatakan dalam sebuah laporan baru-baru ini. Gedung Putih dilaporkan mempertimbangkan beberapa pembatasan pada investasi AS di Tiongkok seperti delisting saham China di AS.

Oleh karena itu Beijing akan mengelola risikonya dengan mendiversifikasi cadangan devisa ke dalam mata uang lain, prediksi ANZ, serta membangun "cadangan bayangannya."

"Meskipun Cina masih mengalokasikan bagian yang tinggi dari cadangan pertukaran valasnya ke USD ... laju diversifikasi ke mata uang lain kemungkinan akan lebih cepat ke depan," kata ANZ dalam laporan itu, menambahkan bahwa bagian dolar dalam mata uang asing di negara itu cadangan devisa diperkirakan sekitar 59% pada Juni seperti mengutip cnbc.com.

Meskipun alokasi pasti cadangan devisa China dalam mata uang yang berbeda tidak diketahui, ANZ mengatakan bahwa mereka yakin itu termasuk pound Inggris, yen Jepang, dan euro.

Sementara itu, Beijing berangsur-angsur mengurangi kepemilikannya atas Treasurys AS, tempat ia banyak berinvestasi, China adalah pemegang asing terbesar hingga Juni, ketika dikalahkan oleh Jepang. Sejak memuncak pada 2018, Cina telah mengurangi kepemilikannya sebesar $ 88 miliar dalam 14 bulan terakhir, kata DBS dalam sebuah catatan.

Menurut data dari departemen Keuangan AS, Cina memiliki US$1,11 triliun utang AS pada Juni.

Pada saat yang sama, Beijing telah melakukan pembelian emas, dengan cadangan emas resminya mencapai 1.957,5 ton pada Oktober.

Perusahaan-perusahaan China juga sangat terekspos terhadap pergerakan dalam greenback, kata ekonom global Pinebridge Investment Paul Hsiao, yang menunjukkan bahwa negara tersebut dilaporkan memiliki lebih dari US$500 miliar dalam utang perusahaan asing.

"Sebagian besar dalam dolar AS, yang bisa menjadi masalah bagi perusahaan Cina," kata Hsiao dalam email menjelaskan hal itu terjadi selama puncak perang perdagangan AS-Cina, ketika greenback menghargai "secara signifikan" terhadap yuan. Itu menyebabkan banyak perusahaan China menjual aset mereka karena banyak dari kewajiban mereka masih dalam denominasi dolar, jelasnya.

"Diversifikasi kepemilikan mata uangnya, dengan cara yang sangat sejalan dengan gerakan politik pemerintahan Xi baru-baru ini untuk fokus pada hubungan perdagangan China di luar Amerika Serikat. China dan, lebih luas lagi, kawasan Asia masih sangat terekspos terhadap pergerakan dolar AS,” kata Hsiao.

Satu cara besar lain yang bisa dilakukan Cina untuk mengelola risiko itu adalah dengan membangun bentuk aset lain, yang oleh ANZ disebut sebagai "cadangan bayangan."

"Faktanya, kami percaya bahwa pemerintah Cina telah diam-diam melakukan diversifikasi portofolio lepas pantai untuk menyertakan investasi alternatif," kata laporan ANZ.

Dalam beberapa tahun terakhir, Beijing telah meningkatkan taruhannya dalam investasi alternatif, dan banyak dari itu adalah melalui beberapa kendaraan investasi seperti perusahaan milik negara dan bank, serta melalui dana yang dikelola bersama dengan negara lain, menurut analisis ANZ .

Investasi tersebut termasuk ekuitas, serta menerbitkan pinjaman melalui bank-bank milik negara - terutama untuk inisiatif Belt and Road yang sangat besar, menurut analisis.

Administrasi Valuta Asing Negara (SAFE), yang mengelola cadangan devisa Tiongkok, memiliki empat entitas investasi: Huaxin di Singapura, Huaou di London, Huamei di New York, dan Hua di Hong Kong. Mereka dilaporkan berafiliasi dengan entitas lepas pantai lainnya yang berinvestasi dalam ekuitas, menurut laporan itu.

Dana yang telah diinvestasikannya termasuk Dana Pembangunan Cina-Afrika, serta Dana Kerjasama China-LAC - yang membiayai proyek-proyek di Amerika Latin dan kawasan Karibia. Beijing telah meningkatkan sahamnya dalam dana itu, atau menyuntikkan lebih banyak modal di bank-bank regional. Juga telah menukar pinjaman dengan ekuitas, menurut laporan ANZ.

"Investasi luar negeri ini, yang disebut cadangan bayangan Cina, berjumlah USD1,86 (triliun) dalam nilai historis pada Juni 2019," kata ANZ dalam laporan itu.

Pada Juli, total cadangan devisa mencapai sekitar US$3,1 triliun.

“SAFE sekarang telah mengadopsi strategi penghindaran risiko tinggi dalam mengelola basis cadangan USD 3,1 (triliun) dan diversifikasi akan membantu mengurangi risiko pada portofolio cadangannya,” kata Siraj Ali, kepala operasi AJ Capital.

Dolar AS saat ini merupakan "mata uang cadangan" dunia sekitar 58% dari semua cadangan devisa di dunia adalah dalam dolar AS, menurut IMF, dan sekitar 40% dari utang dunia dalam mata uang dolar.

"Sistem keuangan global sangat berpusat pada dolar AS dan ekonomi yang lebih besar, termasuk China dan kawasan euro, telah tertarik untuk pindah ke dunia mata uang cadangan multi-kutub," kata kepala ekonom S&P Global Ratings, Shaun Roache.

"Untuk China, ini akan membantu mengurangi ketergantungan pada kondisi keuangan dolar AS dan, seiring waktu, memberikan lebih banyak ruang bagi renminbi untuk memainkan peran global yang lebih besar," tambahnya, merujuk pada nama lain yuan.

Ekonomi terbesar kedua di dunia telah mendorong penggunaan yuan yang lebih besar dan lebih global.

Upaya kemungkinan akan terus mengurangi ketergantungan dunia pada dolar, kata Roache. Itu akan mencakup kontrak komoditas dalam mata uang selain dolar, dan diversifikasi cadangan, katanya.

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - China Kian Berburu Aset NonDolar AS"

Post a Comment

Powered by Blogger.