Search

Terpopuler - Ini Kritikan China Untuk AS di Forum G20, Pedas..

Terpopuler - Ini Kritikan China Untuk AS di Forum G20, Pedas..

INILAHCOM, Tokyo - Amerika Serikat adalah sumber ketidakstabilan terbesar di dunia dan politisi di seluruh dunia mendobrak China, kata diplomat top pemerintah China pada hari Sabtu dalam serangan menyengat pada pertemuan G20 di Jepang.

Hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia itu telah menukik tajam di tengah perang perdagangan yang pahit - yang mereka coba selesaikan dan argumen tentang hak asasi manusia, Hong Kong dan dukungan AS untuk Taiwan yang diklaim Tiongkok.

Bertemu Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri G20 di kota Jepang, Nagoya, Anggota Dewan Tiongkok, Wang Yi tidak menahan kritiknya terhadap Amerika Serikat seperti mengutip cnbc.com.

“Amerika Serikat terlibat secara luas dalam unilateralisme dan proteksionisme, dan merusak multilateralisme dan sistem perdagangan multilateral. Itu telah menjadi faktor destabilisasi terbesar di dunia,” kata Menteri Luar Negeri Tiongkok mengutip Wang.

Amerika Serikat, untuk tujuan politik, menggunakan mesin negara untuk menekan bisnis-bisnis Cina yang sah dan tanpa dasar mengajukan tuntutan terhadap mereka, yang merupakan tindakan intimidasi, tambahnya.

"Sejumlah politisi AS tertentu telah mencoreng China di mana-mana di dunia, tetapi belum menghasilkan bukti."

Amerika Serikat juga telah menggunakan hukum nasionalnya untuk "secara kasar mencampuri" urusan dalam negeri China, berusaha merusak "satu negara, dua sistem" dan stabilitas dan kemakmuran Hong Kong, tambahnya.

China marah minggu ini setelah DPR AS mengeluarkan dua rancangan undang-undang untuk mendukung para pengunjuk rasa di Hong Kong dan mengirim peringatan ke Cina tentang hak asasi manusia, dengan Presiden Donald Trump diperkirakan akan menandatangani mereka menjadi undang-undang, meskipun pembicaraan perdagangan dengan Beijing sulit dilakukan.

Cina menjalankan Hong Kong di bawah model "satu negara, dua sistem" di mana wilayah itu menikmati kebebasan yang tidak dinikmati di daratan Cina seperti pers bebas, meskipun banyak orang di Hong Kong khawatir Beijing mengikis ini. Pemerintah menyangkal hal itu.

Wang mengatakan bahwa perkembangan dan pertumbuhan Tiongkok adalah tren sejarah yang tak terhindarkan yang tidak dapat dihentikan oleh kekuatan apa pun.

“Tidak ada jalan keluar untuk pertandingan zero-sum Amerika Serikat. Hanya kerja sama win-win antara China dan Amerika Serikat yang merupakan jalan yang benar.”

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Ini Kritikan China Untuk AS di Forum G20, Pedas.."

Post a Comment

Powered by Blogger.