Search

Terpopuler - PT Capitalinc Garap Peluang di Pasar CNG

Terpopuler - PT Capitalinc Garap Peluang di Pasar CNG

INILAHCOM, Jakarta - PT Capitalinc Investment Tbk (MTFN) memanfaatkan peluang dalam pelaksanaan program pemerintah di bidang penghematan konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Akhirnya, perseroan mengembangkan bisnis jual beli gas bumi atau gas alam (Natural Gas) sebagai sebuah peluang usaha menjanjikan untuk terus dikembangkan ke depan.

Abas F. Soeriawidjaja, Presiden Direktur MTFN, menilai bisnis pengilangan BBM bagi Perseroan saat ini tidak menarik. Pasalnya, membutuhkan investasi hingga lebih dari US$30 juta guna memproduksi minyak mentah sebanyak 6.000 barel per hari (bph).

Selain itu, harga jual minyak mentah saat ini yang masih berada pada kisaran US$55 per barel juga tidak dapat memberikan profitabilitas yang memadai sehingga bisnis ini tidak visible.

“Bisnis pengilangan BBM dengan kapasitas produksi 6.000 bph tersebut baru visible, jika harga minyak mencapai di atas USD70 per barel. Itu adalah patokan standar bagi bisnis tersebut untuk saat ini,” kata Abas F. Soeriawidjaja, Presiden Direktur PT Capitalinc Investment Tbk (MTFN) dalam acara Paparan Publik Tahunan MTFN, Kamis (19/12/2019).

Abas mengemukakan, Perseroan akan mengembangkan bisnis jual-beli gas. Pihaknya akan membeli gas alam dari EMP Kangean dan Minarak serta mengolahnya di Nano LNG Plant, yaitu pabrik gas alam berkapasitas kecil di bawah 5 juta kaki kubik per hari (millions feet cubic per day/mmfcd), menjadi gas alam yang dikompresi menjadi padat (Compressed Natural Gas/CNG). Setelah itu baru dijual kembali kepada para pelanggannya yang terdapat di sekitar pabrik gas alam tersebut.

Untuk itu perseroan akan segera membangun Nano LNG Plant berkapasitas 3 mmfcd di Kabupaten Pekanbaru dan Pelelawan, Provinsi Riau, untuk memadatkan gas alam yang dibeli dari EMP Kangean menjadi CNG. EMP Kangean menjadi penjual gas alam di wilayah ini karena 100 persen working interest pengelolaan gas di wilayah dikuasai oleh EMP Kangean.

“Kami akan membangun Nano LNG Plant bernilai US$15 juta. Pembangunan tersebut akan dimulai Februari 2020 dan proyek pembangunan tersebut diperkirakan bakal memakan waktu 10 bulan,” jelas Abas.

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - PT Capitalinc Garap Peluang di Pasar CNG"

Post a Comment

Powered by Blogger.