Search

Terpopuler - Kementan Dianggap Mampu Penuhi Permintaan Presiden

Terpopuler - Kementan Dianggap Mampu Penuhi Permintaan Presiden

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat pertanian dari Universitas Hasanuddin, Yunus Musa, menyambut baik rekomendasi Presiden Jokowi kepada sektor pertanian Indonesia.

"Rekomendasi itu memang salah satu upaya terbaik meningkatkan nilai tambah ekonomi bangsa dari sektor pertanian," ujar Yunus, Rabu (18/12/2019).

Selain itu, Yunus juga berkeyakinan bila Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama jajarannya mampu merealisasikan arahan Presiden Jokowi di rapat terbatas itu.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi pada rapat terbatas bersama seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju, di Jakarta, Selasa (10/12/2019), memberikan catatan untuk sektor pertanian nasional.

Antara lain Presiden Jokowi menyampaikan, agar selain terus meningkatkan produksi, sektor pertanian juga mulai fokus menyasar pertumbuhan lini pengolahan budidaya pasca-produksinya (off farm).

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga meminta agar disusun skema pembiayaan dan pendampingan ke petani sehingga bisa meningkatkan off farm.

Lalu terakhir, Kementan mendorong petani terlibat dalam UMKM maupun koorporasi besar supaya tidak hanya melakukan jenis usaha di skala kecil saja.

Menyikapi itu, khususnya kepada Kementan, Yunus menilai selama ini konsentrasi untuk mensinergikan antara UMKM dan petani memang telah diterapkan.

"Hal itu menumbuhkan optimisme. UMKM dan petani selama ini memang tampak didorong Kementan bekerjasama. Di daerah-daerah telah banyak dilaksanakan," ucap Yunus.

Terakhir, Yunus menyampaikan, soal pengembangan off farm, Kementan beberapa tahun terakhir diakui juga menyusun strategi ke petani menuju itu kendati perlu tahapan dan penyempurnaan. [gam]

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Kementan Dianggap Mampu Penuhi Permintaan Presiden"

Post a Comment

Powered by Blogger.