Search

Terpopuler - Prospek Industri Perbankan Global Kian Suram?

Terpopuler - Prospek Industri Perbankan Global Kian Suram?

INILAHCOM, New York - Lebih dari setengah pemain di sektor perbankan global terlalu lemah untuk bertahan dari penurunan ekonomi berikutnya, menurut laporan dari perusahaan konsultan McKinsey.

Hampir 60% bank tidak menghasilkan pengembalian ekuitas dan berisiko runtuh, demikian laporan berisi 58 halaman yang dirilis pada hari Senin pekan ini.

"Perlambatan ekonomi yang berkepanjangan dengan suku bunga rendah atau bahkan negatif dapat mendatangkan malapetaka lebih lanjut," kata laporan itu seperti mengutip cnbc.com.

Chira Barua, mitra McKinsey yang berbasis di London dan penulis bersama laporan itu, menyebut ini momen "lakukan atau mati". Barua menjelaskan bahwa penurunan serius dapat menjadi bencana bagi sejumlah bank jika mereka tidak menemukan kembali diri mereka sendiri.

“Sementara lembaga imajinatif cenderung keluar sebagai pemimpin di siklus berikutnya, yang lain berisiko menjadi catatan kaki sejarah. Namun, ada langkah-langkah yang dapat diambil setiap bank hari ini untuk mengubah nasib mereka dan memulai siklus berikutnya dengan pijakan yang lebih kuat, tetapi waktu hampir habis. Dewan dan manajemen harus secara aktif mempertimbangkan langkah-langkah strategis sekarang alih-alih siklus memaksanya pada mereka dalam penurunan," kata Barua.

Bank-bank di seluruh dunia telah menanggung beban terbesar dari rekor tingkat suku bunga rendah. Suku bunga yang naik baik untuk bank karena memungkinkan mereka untuk meminjamkan uang kepada investor dengan tingkat bunga yang menguntungkan. Suku bunga yang lebih rendah membatasi kemampuan bank untuk menghasilkan laba, sehingga menambah tekanan pada margin. Suku bunga negatif, seperti di Eropa, menghukum bank karena memegang setoran tunai di bank sentral.

Ditambah dengan itu adalah ancaman yang dihadapi bank dari pemain fintech (teknologi keuangan) seperti Revolut dan perusahaan teknologi seperti Apple yang telah memasuki ruang perbankan. Menurut McKinsey, bank hanya menyisihkan 35% dari anggaran TI mereka untuk inovasi dan menemukan kembali strategi, sedangkan pemain fintech menghabiskan lebih dari 70%.

Laporan tersebut, yang tidak berarti nama bank, menguraikan prioritas utama seperti meningkatkan sistem manajemen risiko buatan intelijen buatan, mengidentifikasi basis pelanggan yang unik serta membangun basis bakat digital dan analisis data.

Dalam laporan terpisah bulan lalu, PwC Luxembourg dan agen pengembangan Luxembourg untuk Prancis mengatakan bank dan manajer kekayaan Eropa harus secara proaktif merangkul "Amazonisasi" dan pergeseran kekuasaan kepada konsumen yang didorong oleh platform online.

John Parkhouse, mitra senior di PwC Luxembourg, mengatakan: "Dengan industri keuangan Eropa menghadapi Amazonisasi dan tema-tema penting seperti inovasi dan teknologi ESG (lingkungan, sosial dan tata kelola) yang menyertainya, lebih banyak pemain tradisional harus fokus dan berinvestasi, jika mereka ingin tetap kompetitif dalam skala global."

Laporan dari McKinsey mengidentifikasi empat kategori, yang dapat dimasukkan oleh bank di seluruh dunia. Yang pertama disebut "pemimpin pasar," yang mencakup 20% teratas yang secara global menangkap hampir 100% dari nilai ekonomi yang ditambahkan oleh seluruh industri. Yang kedua adalah "resilients" yang mencakup 25% bank yang telah mempertahankan kepemimpinan di pasar yang menantang, termasuk banyak di Eropa.

Kategori ketiga, "pengikut," termasuk 20% bank yang belum mencapai skala dan lebih lemah dari rekan-rekan mereka, meskipun dinamika pasar menguntungkan. "Mereka berisiko dari penurunan dan harus bertindak segera untuk membangun skala dalam bisnis mereka saat ini, mengubah model bisnis untuk membedakan, dan secara radikal memangkas biaya," kata laporan itu.

Akhirnya, itu adalah "bank-bank yang ditantang." Kategori ini mencakup 35% bank yang tersisa secara global yang memiliki kinerja baik dan beroperasi di pasar yang tidak menguntungkan. McKinsey memperingatkan bahwa model bisnis di bank-bank ini cacat. "Untuk bertahan dari penurunan, merger dengan bank yang sama atau menjual ke pembeli yang lebih kuat dengan jejak kaki pelengkap mungkin menjadi satu-satunya pilihan jika reinvention tidak layak."

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Prospek Industri Perbankan Global Kian Suram?"

Post a Comment

Powered by Blogger.