Search

Terpopuler - Perusahaan AS Jadi Canggung di China

Terpopuler - Perusahaan AS Jadi Canggung di China

INILAHCOM, Beijing - Ketika ketegangan perdagangan meningkat, perusahaan-perusahaan Amerika menghadapi lingkungan yang semakin kompleks di China. Sementara perusahaan-perusahaan China mencari cara untuk beradaptasi. Semua itu dapat memberikan peluang baru bagi bisnis China.

Pada hari Jumat, China mengumumkan rencana untuk mengenakan bea tambahan atas barang-barang Amerika senilai US$75 miliar pada tanggal 1 September dan 15 Desember. Sebagai tanggapan, Presiden AS Donald Trump tweeted kemudian hari itu pemerintahannya juga akan menaikkan tarif US$550 miliar dari impor China.

Pengumuman tarif putaran terakhir dalam beberapa hari terakhir berarti bahwa pada akhir tahun, pada dasarnya semua barang Tiongkok yang diekspor ke AS akan dikenai bea.  

Meskipun itu menambah beban pada perusahaan China, yang sudah menghadapi tekanan dari perlambatan ekonomi domestik, data dan analisis lainnya menunjukkan bisnis di daratan menemukan cara untuk tetap tangguh, bahkan jika itu kadang-kadang berarti menyerap biaya tarif.

"Saya meyakinkan China-AS. ketegangan perdagangan adalah situasi jangka panjang,” kata Wei Jianguo, mantan wakil menteri di Kementerian Perdagangan. Dia mengatakan pada hari Minggu bahwa sementara pihak China menunggu kesepakatan perdagangan yang adil dan setara, negara tersebut telah membuat persiapan untuk menghadapi dampak negatif dari ketegangan perdagangan.

“Kami tidak takut,” Wei, yang saat ini adalah wakil ketua dan wakil pejabat eksekutif di think tank China Center for International Economic Exchange, yang berbasis di Beijing, seperti mengutip cnbc.com.

Dua ekonomi terbesar dunia telah terlibat dalam konflik perdagangan yang meningkat selama lebih dari setahun. Sementara perselisihan awalnya berfokus pada defisit barang perdagangan besar AS dengan China, diskusi telah meluas ke keluhan termasuk akses asing yang tidak merata ke pasar Cina yang besar dan transfer teknologi secara paksa.

Tarif pembalasan terbaru menandai pembalikan dari perjanjian antara Trump dan Presiden China, Xi Jinping pada pertemuan mereka pada akhir Juni, ketika mereka sepakat untuk tidak memungut bea atas barang dari masing-masing negara.

"Pelanggaran itu, dan gerakan terbatas dari AS dalam pembatasan santai pada Huawei, berarti bahwa Xi telah secara efektif menyerah pada upaya untuk menjilat dengan Trump," Michael Hirson, kepala praktik, China dan Asia Timur Laut, di perusahaan konsultan Eurasia Group, kata dalam catatan Sabtu waktu Beijing.

"Para pemimpin China kemungkinan belum membuat keputusan pasti untuk mengesampingkan kesepakatan perdagangan dengan Trump sampai setelah pemilihan AS," kata Hirson.

"Namun, mereka semakin skeptis tentang kelayakan Trump sebagai mitra negosiasi dan tidak lagi mau membuat konsesi yang signifikan untuk menenangkannya."

Dalam jangka pendek, kenaikan tarif AS akan berdampak negatif pada profitabilitas perusahaan China. Dalam jangka panjang, jika China-AS. Ketegangan perdagangan berlanjut, mereka akan berdampak pada struktur rantai industri global.

Saham AS jatuh pada Jumat, dengan rata-rata industri Dow Jones jatuh lebih dari 600 poin.

Jika investor khawatir tentang dampak meningkatnya ketegangan perdagangan kepada perusahaan-perusahaan Amerika, perusahaan-perusahaan Cina mungkin mulai menemukan lebih banyak peluang bisnis.

“Dalam jangka pendek, kenaikan tarif AS akan berdampak negatif pada profitabilitas perusahaan Cina,” Wang Zhe, ekonom senior di think tank Caixin, Senin lalu dalam komentar tertulis kepada CNBC.

“Dalam jangka panjang, jika China-AS. ketegangan perdagangan terus berlanjut, mereka akan berdampak pada struktur rantai industri global,” Wang menambahkan, menurut terjemahan CNBC dari komentar berbahasa Mandarin.

“Tentu saja, ini juga akan memaksa perusahaan domestik untuk mengubah metode produksi mereka dan mempromosikan transformasi dan peningkatan (dari operasi mereka).”

Analis mencatat bahwa konsekuensi lain dari ketegangan perdagangan mungkin adalah perusahaan China mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar, dengan mengorbankan bisnis AS. Sudah, data dan laporan perusahaan menunjukkan bagaimana perusahaan Cina mengalihkan pembelian pertanian dari AS ke negara lain, terutama di Amerika Latin.

Kehilangan Bisnis
"Untuk perusahaan dengan eksposur penjualan, mereka menyerap sebagian dari biaya tarif atau mencoba meneruskannya, tetapi mereka kehilangan bisnis ke pesaing dari negara lain,sesuatu yang sudah terjadi," kata Jake Parker, wakil presiden operasi hCina di Dewan Bisnis AS-China.

"Kemampuan untuk meneruskan biaya-biaya tersebut akan tergantung pada margin, ketersediaan sumber alternatif, dan ketentuan kontrak pemasok."

Pada hari Jumat, Trump mengatakan dalam tweet bahwa perusahaan AS “dengan ini diperintahkan untuk segera mulai mencari alternatif ke China, termasuk membawa perusahaan Anda RUMAH dan membuat produk Anda di AS. ”Tidak segera jelas di bawah otoritas apa atau bagaimana presiden dapat melaksanakan perintah tersebut.

"Namun jika hal itu menghasilkan perusahaan-perusahaan AS, pada tingkat tertentu, mengosongkan pasar Tiongkok yang mungkin akan membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan China untuk mengisi kekosongan," Stephen Olson, peneliti di lembaga nirlaba Hinrich Foundation, mengatakan dalam sebuah email, Minggu .

Lebih penting lagi, ia mengatakan "langkah seperti itu akan menjadi keruntuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hubungan perdagangan dan ekonomi antara dua ekonomi terbesar di dunia" yang akan menciptakan ketidakpastian yang buruk bagi perusahaan China dan AS.

Meskipun ada tantangan untuk melakukan bisnis di China, meninggalkan pasar bukanlah jawabannya, kata Parker.

"Penting untuk diingat bahwa bisnis AS telah menjadi contoh positif untuk kemajuan di Cina ... Perusahaan-perusahaan Amerika membawa ide, nilai, dan contoh yang merupakan katalisator untuk kemajuan yang meresap," kata Parker. Di sisi lain, jika perusahaan A.S. meninggalkan Cina, mereka akan kehilangan peluang pertumbuhan global yang besar.

"Satu-satunya cara untuk menyelesaikan banyak tantangan yang dihadapi perusahaan AS yang beroperasi di pasar Cina adalah agar kedua belah pihak melanjutkan negosiasi dan menemukan kompromi yang menghilangkan tarif dan menetapkan hubungan pada lintasan yang lebih stabil, dapat diprediksi, dan konstruktif."

Administrasi Trump berpusat pada tarif sebagai alat utama tindakan dalam sengketa perdagangan. Tetapi tidak jelas seberapa efektif mereka dalam membuat Tiongkok bergeming.

Analisis dari Chris Rogers, peneliti di Panjiva, unit penelitian rantai pasokan di S&P Global Market Intelligence, menemukan bahwa harga untuk beberapa kategori barang, seperti bahan kimia dan furnitur - turun, ketika tarif diberlakukan.

"(Beberapa) perusahaan China memotong beberapa harga di mana mereka menjual ke AS," katanya dalam sebuah wawancara telepon awal bulan ini.

Perubahan tahun-ke-tahun dalam harga impor AS dari Cina oleh industri

Wei mengatakan pada hari Minggu bahwa beberapa perusahaan Cina menyerap biaya tarif, tetapi tidak banyak. Sebaliknya, ia mengatakan sebagian besar bisnis sedang menunggu beberapa resolusi dalam pembicaraan perdagangan.

Pekan lalu, Parker dari Dewan Bisnis AS-China, juga mengatakan bahwa sebagian besar perusahaan masih mengevaluasi berapa lama tarif akan diberlakukan sebelum melakukan perubahan bisnis yang signifikan.

“Perusahaan-perusahaan dengan keterpaparan pasokan terhadap tarif sedang mempertimbangkan pilihan mereka,” katanya dalam sebuah email pada 20 Agustus.

“Beberapa memindahkan sumber mereka. Beberapa mempertahankan rantai pasokan mereka saat ini dan baik berurusan dengan pemotongan margin atau meneruskan biaya tarif sebanyak yang mereka bisa."

Delegasi perdagangan AS dan China tetap berkomunikasi, kata juru bicara Kementerian Perdagangan China, Gao Feng, Kamis (22/8/2019). Kedua belah pihak mengadakan pembicaraan telepon tingkat tinggi pada 13 Agustus dan berencana untuk mengadakan panggilan serupa dalam waktu dua minggu, menjelang pertemuan yang akan datang pada bulan September," kata Gao pekan lalu.

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Perusahaan AS Jadi Canggung di China"

Post a Comment

Powered by Blogger.