Search

Terpopuler - Obligasi PT AKR Corporindo Jatuh Tempo

Terpopuler - Obligasi PT AKR Corporindo Jatuh Tempo

INILAHCOM, Jakarta - PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) menjelaskan obligasi I tahun 2012 ser B senilai Rp877 miliar jatuh tempo pada 21 Desember 2019.

Dengan demikian mulai 23 Desember 2019 obligasi tersebut tidak tercatat dan tidak dapat diperdagangkan melalui BEI. Obligasi tersebut diterbitkan pada 14 Desember 2012. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, akhir pekan lalu.

Pada akhir tahun 2012, perseroan menerbitkan obligasi dalam dua seri. Untuk seri A sebesar Rp623 miliar bertenor lima tahun. Seri B obligasi ini bertenor tujuh tahun senilai Rp877 miliar. Untuk obligasi seri A memiliki tingkat bunga sebesar 8,4 persen untuk seri A dan 8,75 persen untuk seri B.

Dana hasil penerbitan obligasi tersebut, sebesar 45 persen untuk penyertaan modal ke anak usaha dan sisanya untuk mendanai kebutuhan modal kerja yaitu pembelian bahan baku.

PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) didirikan di Surabaya tanggal 28 Nopember 1977 dengan nama PT Aneka Kimia Raya dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada bulan Juni 1978.  Induk usaha dan induk usaha terakhir AKR Corporindo Tbk adalah PT Arthakencana Rayatama, yang merupakan bagian dari kelompok usaha yang dimiliki oleh keluarga Soegiarto dan Haryanto Adikoesoemo.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham AKR Corporindo Tbk adalah PT Arthakencana Rayatama (58,58%). Saham publik sebesar 40,3%.

Kegiatan usaha AKRA antara lain meliputi bidang industri barang kimia, perdagangan umum dan distribusi terutama bahan kimia dan bahan bakar minyak (BBM) dan gas, menjalankan usaha dalam bidang logistik, pengangkutan (termasuk untuk pemakaian sendiri dan mengoperasikan transportasi baik melalui darat maupun laut serta pengoperasian pipa penunjang angkutan laut).

Bisnis penyewaan gudang dan tangki termasuk perbengkelan, ekspedisi dan pengemasan, menjalankan usaha dan bertindak sebagai perwakilan dan/atau peragenan dari perusahaan lain baik di dalam maupun di luar negeri, kontraktor bangunan dan jasa lainnya kecuali jasa di bidang hukum.

Saat ini, AKR Corporindo Tbk bergerak dalam bidang distribusi produk bahan bakar minyak (BBM) ke pasar industri, distribusi dan perdagangan bahan kimia (seperti caustic soda, sodium sulfat, PVC resin dan soda ash) yang digunakan oleh berbagai industri di Indonesia sesuai dengan perjanjian distribusi dengan produsen asing dan lokal, penyewaan gudang, kendaraan angkutan, tangki dan jasa logistik lainnya.

Pada bulan September 1994, AKRA memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham AKRA (IPO) kepada masyarakat sebanyak 15.000.000 dengan nilai nominal Rp1.000 per saham dengan harga penawaran Rp4.000 per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 03 Oktober 1994.

Saham AKRA akhir pekan lalu di Rp3.980 per saham dari pembukaan di Rp3.900 per saham.

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Obligasi PT AKR Corporindo Jatuh Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.