Search

Terpopuler - Inilah Pemicu Kejatuhan Bursa Saham AS

Terpopuler - Inilah Pemicu Kejatuhan Bursa Saham AS

INILAHCOM, New York - Data manufaktur AS menunjukkan kontraksi lanjutan pada bulan November dan kegelisahan perdagangan baru menempatkan investor pada posisi defensif, memicu bursa saham AS jatuh pada penutupan Senin (2/12/2019).

Indeks saham utama AS mencatat penurunan satu hari terbesar mereka dalam hampir delapan pekan terakhir. DowIA Industrial Average DJIA, -0,96% turun 268,37 poin, atau 0,9%, berakhir pada 27.783,04.

Sedangkan indeks S&P 500 SPX, -0,86% kehilangan 27,11 poin, atau 0,8%, berakhir pada 3.113,87. Nasdaq Composite Index COMP, -1.12% turun 97,48 poin atau 1,1% ke 8.567,99.

Kerugian adalah persentase satu hari yang paling tajam dan penurunan poin untuk ketiga indeks sejak 8 Oktober, menurut Dow Jones Market Data.

Saham juga berakhir lebih rendah dalam sesi singkat Jumat setelah liburan Hari Thanksgiving, tetapi membukukan kenaikan November yang solid. Dow turun 112,59 poin pada hari Jumat, atau 0,4%, berakhir pada 28.051,41, meninggalkannya dengan kenaikan bulanan 3,7%.

S&P 500 turun 12,65 poin, atau 0,4%, menjadi ditutup pada 3.140,98, memesan kenaikan bulanan 3,4%. Nasdaq Composite kehilangan 39,70 poin, atau 0,5%, berakhir pada 8.665,47, membukukan kenaikan bulanan 4,5%.

Saham ditarik lebih rendah oleh survei manufaktur AS yang mengecewakan yang menunjukkan kontraksi bulan keempat berturut-turut untuk sektor ini, dengan indeks manajer pembelian Institute for Supply Management secara tak terduga turun menjadi 48,1% pada November dari 48,3% pada Oktober. Ekonom yang disurvei oleh MarketWatch memperkirakan pembacaan 49,2%. Angka di bawah 50% mencerminkan kondisi bisnis yang memburuk.

"Laporan ISM tidak menggembirakan, terutama jika Anda melihat komponen pesanan baru," kata Shawn Cruz, manajer strategi pedagang di TD Ameritrade, dalam sebuah wawancara seperti mengutip marketwatch.com.

“Konstruksi juga masuk pada sisi negatifnya. Ini memberi tekanan pada titik data lain yang akan keluar minggu ini, seperti angka pekerjaan pada hari Jumat. Sentimen konsumen akan menjadi titik data penting lainnya pada hari Jumat."

Data dibayangi survei terpisah pada manufaktur AS yang dirilis oleh Markit pada hari Senin, yang menunjukkan sektor mendapatkan uap, dengan pembacaan 52,6, dibandingkan 52,2 Oktober.

Andrew Hunter, ekonom senior A.S. di Capital Economics, memperingatkan bahwa manufaktur masih belum "keluar dari hutan," dalam catatan klien pada hari Senin, dan memperingatkan bahwa kondisi yang mendasari manufaktur "tetap luar biasa lemah."

Menambah kegugupan adalah tingkat penilaian saham AS yang lebih tinggi, yang diperingatkan Cruz dapat membuat "pasar rentan terhadap koreksi cepat dan tiba-tiba," terutama jika investor berpikir perlambatan dalam manufaktur semakin cepat, atau ada kekhawatiran tentang kesehatan konsumen.

Investor juga mendapat pengingat yang tajam tentang potensi berita utama perdagangan negatif, dengan kenaikan saham sebelumnya terhapus setelah Trump menuduh Brasil dan Argentina "memimpin devaluasi besar-besaran mata uang mereka, yang tidak baik bagi petani kami."

Trump menulis kicauannya, "Saya akan mengembalikan Tarif pada semua Baja & Aluminium yang dikirimkan ke AS dari negara-negara tersebut."

Menteri Perdagangan Wilbur Ross mengatakan pada hari Senin bahwa Presiden Trump siap untuk memungut lebih banyak bea pada barang-barang China, tanpa adanya kesepakatan perdagangan. Alasannya, karena jam berdetik menjelang batas waktu 15 Desember untuk menempatkan tarif 15% pada barang konsumen dari Tiongkok.

Sementara itu, China bersikeras bahwa tarif AS akan dibatalkan sebagai bagian dari kesepakatan perdagangan "fase satu", kata Global Times yang dikelola pemerintah, Minggu.

Dan Axios melaporkan pada hari Minggu bahwa kesepakatan tidak mungkin disepakati sebelum akhir Desember, tetapi bahwa Trump diperkirakan akan berhenti pada kenaikan tarif tambahan untuk menjaga negosiasi tetap hidup.

Indeks saham AS awalnya naik di aksi pasar awal Senin setelah data menunjukkan peningkatan dalam aktivitas manufaktur di China.

Dalam data ekonomi lainnya, pemerintah mengatakan belanja konstruksi turun 0,8% pada Oktober dari penurunan 0,3% pada September. Ekonom mengharapkan kenaikan 0,4%, menurut jajak pendapat MarketWatch.

INTC, komponen Dow, Intel Corp, -0,67% saham turun 0,6% Senin setelah mengumumkan penyelesaian penjualan sebagian besar bisnis modem ponsel pintar ke Apple, kesepakatan $ 1 miliar diumumkan 25 Juli.

Saham Wells Fargo & Co. WFC, -1,54% turun 1,5% pada hari Senin, setelah analis Raymond James David Long memangkas rating pada saham bank dari yang berkinerja buruk dari kinerja pasar.

Amazon.com Inc. AMZN, -0,13% saham kehilangan 1% saat Cyber ​​Monday mulai berjalan, salah satu hari terpenting dalam setahun bagi raksasa ritel online.

Hasil pada catatan Treasury AS 10-tahun TMUBMUSD10Y, + 2,37% naik 5,7 basis poin menjadi 1,835%, kenaikan imbal hasil satu hari terbesar sejak 7 November, menurut Dow Jones Market Data. Hasil dan harga obligasi bergerak berlawanan arah.

Di pasar komoditas, harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari CLF20, + 1,43% naik 79 sen, atau 1,4%, menetap di US$55,96 per barel di tengah meningkatnya harapan untuk pertumbuhan global.

Harga satu ons emas untuk pengiriman Desember GCZ19, -0,25% turun US$3,80, atau 0,3%, menjadi US$1.468,80 karena permintaan untuk surga berkurang.

Dolar AS naik 0,4% lebih rendah, yang diukur dengan ICE Dolar AS indeks DXY, -0,41%, ukuran mata uang versus enam rival utama.

Di Asia, bursa saham utama berakhir sebagian besar lebih tinggi, dengan China CSI 300 000300, + 0,19% naik 0,1%, Nikkei 225 NIK Jepang, + 1,01% menambahkan 1%. Indeks Hang Seng di bursa Hong Kong HSI, + 0,37% naik 0,4%.

Saham Eropa diperdagangkan sebagian besar lebih rendah, tercermin oleh penurunan 1,5% untuk Stoxx Europe 600 SXXP, -1,58%.

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Inilah Pemicu Kejatuhan Bursa Saham AS"

Post a Comment

Powered by Blogger.