Search

Terpopuler - Harga Emas Naik hingga 1% Lebih

Terpopuler - Harga Emas Naik hingga 1% Lebih

INILAHCOM, New York - Harga emas melonjak lebih dari 1% pada hari Selasa (3/12/2019) di tengah memudarnya keyakinan tentang kesepakatan perdagangan AS-China setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan pembicaraan dapat diperpanjang hingga setelah pemilihan presiden pada November 2020.

Spot gold naik 1,12% menjadi US$1,478.72 per ounce, setelah menyentuh US$1,481.80, tertinggi sejak 7 November. Emas berjangka AS menetap naik 1,1% pada US$1484,4

“Pasar saham lebih rendah dan ada penerbangan ke emas yang aman saat ini. Harga emas naik dengan apa yang dikatakan Trump tentang China-AS. tarif,” kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures. "Semua tanda menunjuk ke arah pergerakan kembali di atas $ 1,485 pada kontrak Februari, yang bisa cukup untuk mendorongnya di atas US$1.500."

Trump mengatakan kesepakatan perdagangan dengan China mungkin akan ditunda sampai setelah pemilihan November 2020, gagah harapan bahwa kesepakatan dapat dicapai sebelum putaran kenaikan tarif lain berlaku pada 15 Desember.

Harga emas telah naik hampir 15% tahun ini karena perselisihan tarif yang berlarut-larut, yang telah mengipasi kekhawatiran resesi dan mendorong bank sentral di seluruh dunia untuk menurunkan suku bunga. Risk appetite juga terpukul pada hari Senin setelah Trump tweeted ia akan menampar tarif di Brasil dan Argentina untuk apa yang ia lihat sebagai "devaluasi besar-besaran mata uang mereka kedua negara."

Lebih lanjut meredam sentimen risiko, Washington juga mengancam bea atas barang-barang Prancis karena pajak layanan digital yang dapat membahayakan perusahaan teknologi A.S., di mana Prancis dan Uni Eropa mengatakan mereka siap untuk membalas, jika ancaman itu terwujud.

Sebagian besar logam mulia lainnya terkait dengan reli emas, dengan perak naik 1,6% menjadi US$17,17 per ons dan platinum naik 1,3% menjadi US$909,05.

"Jika emas dan perak memanas selama tahun depan (karena perang dagang yang panjang), platinum secara alami akan ditarik. Palladium, di sisi lain, sedikit terlalu tinggi pada banyak masalah pasokan," kata Haberkorn seperti mengutip cnbc.com.

Palladium turun 0,2% menjadi US$1.848,11, setelah mencatat rekor tertinggi US$1.861,71 di sesi sebelumnya. Logam itu berada di jalur untuk mengambil kemenangan beruntun tujuh hari.

"Seberapa tinggi paladium dapat terjadi tergantung pada seberapa banyak pembuat mobil bersedia membayar untuk pasokan logam yang stabil," kata analis Saxo Bank, Ole Hansen.

"Namun, beberapa rekor tertinggi ini dapat menyebabkan koreksi segera, dan kita mungkin melihat paladium mencapai US$1.800 sebelum mendapatkan kesempatan untuk mencapai kisaran US$1.900."

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Harga Emas Naik hingga 1% Lebih"

Post a Comment

Powered by Blogger.