Search

Terpopuler - AS Keberatan Bank Dunia Pinjaman Dana dari China

Terpopuler - AS Keberatan Bank Dunia Pinjaman Dana dari China

Bank Dunia mengatakan meminta China yang menyediakan dana bantuan US$1 miliar hingga US$1,5 miliar dalam program pinjaman berbunga rendah setiap tahun sampai Juni 2025 bagi negara berpenghasilan rendah.

Namun ada keberatan dari Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin dan beberapa anggota parlemen AS. Mnuchin mengatakan kepada Komite Jasa Keuangan bahwa perwakilan Departemen Keuangan di dewan telah keberatan dengan rencana tersebut.

Dia menambahkan AS ingin Bank Dunia untuk tidak terkait dengan China dari program pinjaman lunak untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tersebut seperti mengutip cnbc.com.

Rencana strategi pinjaman lima tahun diterbitkan pada Kamis sore setelah dewan Bank Dunia "menyatakan dukungan luas" untuk keterlibatan pemberi pinjaman pembangunan multilateral dalam reformasi struktural dan lingkungan China.

Bank Dunia mengatakan bahwa pinjamannya akan menurun atas rencana "kerangka kerja kemitraan negara", sejalan dengan reformasi yang disetujui berdasarkan peningkatan modal US$13 miliar yang disepakati pada 2018.

Bank Dunia meminjamkan China US$1,3 miliar pada tahun fiskal 2019 yang berakhir 30 Juni, turun dari sekitar US$2,4 miliar selama tahun fiskal 2017. Rencana baru ini menyerukan pinjaman untuk "secara bertahap menurun" dari rata-rata lima tahun sebelumnya sebesar US$1,8 miliar.

"Tingkat pinjaman dapat berfluktuasi naik dan turun dari tahun ke tahun karena manajemen pipa normal berdasarkan kesiapan proyek," kata Bank Dunia dalam rencananya.

Ia menambahkan Beijing telah meminta pendanaan lanjutan dari Bank Internasional Bank Dunia untuk divisi Rekonstruksi dan Pengembangan "sebagai platform untuk reformasi, pembangunan institusi dan transfer pengetahuan."

Tetapi penurunan pinjaman tidak cukup cepat bagi Mnuchin, yang berpendapat China terlalu kaya untuk bantuan internasional seperti itu ketika meminjamkan ratusan miliar dolar miliknya untuk negara-negara miskin melalui dorongan infrastruktur Jalan dan Sabuk.

Anggota parlemen AS juga semakin mengungkapkan kekhawatiran bahwa dana pembayar pajak AS yang dipinjamkan melalui Bank Dunia ke China akan memungkinkan pelanggaran hak asasi manusia dan persaingan ekonomi yang tidak adil dengan Amerika Serikat.

Dalam pidato di Senat pada hari Kamis, Ketua Komite Keuangan Senat Charles Grassley mengutip dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang terkait dengan kamp penahanan untuk Muslim Uighur dalam mengkritik rencana pinjaman Bank Dunia.

"Bank Dunia, menggunakan dolar pajak Amerika, tidak boleh meminjamkan uang kepada negara-negara kaya yang melanggar hak asasi warga mereka dan berusaha untuk mendominasi negara-negara yang lebih lemah baik secara militer maupun ekonomi," kata Grassley.

Perwakilan Anthony Gonzalez, seorang Republikan dari Ohio yang telah memperkenalkan undang-undang untuk mengekang pendanaan Bank Dunia ke China, menambahkan: "Bagi saya, bahkan satu dolar terlalu banyak bagi pembayar pajak untuk berkontribusi ke Cina."

Meskipun Amerika Serikat memiliki hak veto yang efektif atas keputusan dewan utama seperti peningkatan modal dan penunjukan kepemimpinan, rencana pinjaman terbaru Tiongkok tidak memerlukan pemungutan suara formal.

Mnuchin mengatakan kepada anggota parlemen bahwa ia mengharapkan pinjaman Bank Dunia ke China turun di bawah US$1 miliar selama tahun fiskal berjalan, dengan lebih banyak dana pembayaran mengalir kembali ke pemberi pinjaman dari China daripada dana pinjaman keluar.

Bank Dunia mengatakan pinjaman ke China dalam rencana lima tahun akan ditujukan untuk memajukan reformasi pasar dan fiskal untuk mendorong pengembangan sektor swasta; mempromosikan pertumbuhan yang lebih hijau dengan mengurangi polusi dan mengurangi emisi karbon; dan meningkatkan akses warga Tiongkok ke layanan kesehatan dan sosial.

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - AS Keberatan Bank Dunia Pinjaman Dana dari China"

Post a Comment

Powered by Blogger.