Search

Terpopuler - Reaksi Jimly Soal Normalisasi vs Naturalisasi

Terpopuler - Reaksi Jimly Soal Normalisasi vs Naturalisasi

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan cara berbeda dalam menangani banjir di Jakarta. Sebab pemerintah pusat mengusung normalisasi sungai, sedangkan Gubernur Anies memilih naturalisasi sungai.

Konsep naturalisasi ini dilakukan dengan cara merevitalisasi sungai tanpa penggusuran, namun hanya menggeser warga.

Perbedaan  normalisasi sungai dan naturalisasi sungai ini yang kemudian mendapat tanggapan dari berbagai pihak, semenjak bajir melanda Ibu Kota pada awal tahun baru 2020.

Sementara itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie menilai saat ini tak penting terus memperdebatkan normalisasi atau naturalisasi.

"Prdebatn normalisasi vs naturalisasi cocoknya di bangku kuliah, bukan di level “policy making” yg mnyangkut kepentingan umum yg luas & mndesak yg prlu keterpaduan langkah brdsrkn kajian komprehensif & multi disipliner," kicau akun Twitter @JimlyAs, dikutip Sabtu (4/1/2020).

Menurut Jimly, saat ini yang terpenting adalah bagaimana upaya menuntaskan persoalan banjir yang sedang terjadi di Ibu Kota. Sehingga kedepan saat musim penghujan masyarakat kita kembali dikepung oleh banjir.

"Manapun yg lebih tepat, yg pnting aksi lapangan jngn brhenti," tulis dia. [wll]

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Reaksi Jimly Soal Normalisasi vs Naturalisasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.