Search

Terpopuler - Pekerja Asal China Dilarang Kembali ke Malaysia

Terpopuler - Pekerja Asal China Dilarang Kembali ke Malaysia

INILAHCOM, Kuala Lumpur - Sebanyak 13 pekerja asal China di proyek kereta api 'Belt & Road' di Malaysia yang mudik ke Wuhan untuk merayakan Tahun Baru Imlek diminta agar tidak kembali lagi sampai adanya pemberitahuan lebih lanjut.

Kepala Eksekutif Malaysia Rail Link (MRL) Darwis Abdul Razak mengatakan, perusahaan telah membuat rencana tanggap darurat sebelum perayaan Imlek dan keputusan untuk 13 warga negara China itu sejalan dengan larangan perjalanan sementara pemerintah terhadap warga dari Kota Wuhan dan Provinsi Hubei.

"Ketidakhadiran mereka tidak akan mempengaruhi pekerjaan proyek  kereta api di sini," katanya, seperti dilansir Reuters, Jumat (31/1/2020).

Setidaknya delapan warga negara China yang berkunjung ke Malaysia terinfeksi virus corona yang hingga saat ini telah menewaskan 213 orang di China.

Baca juga: WHO Umumkan Virus Corona Darurat Internasional
Baca juga: Thailand Deteksi Kasus Penularan Antar-Manusia


Pada Kamis (30/1/2020), Kementerian Sumber Daya Manusia Malaysia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pekerja East Coast Rail Link (ECRL) asal China diberikan 'cuti tambahan' sampai wabah di China telah dikendalikan.

Kementerian menyarankan kontraktor China Communications Construction  (CCC) Co Ltd untuk tetap mempertahankan pekerjaan bagi staf yang terkena dampak dan terus membayarkan gaji mereka.

CCC-ECRL, unit lokal kontraktor, mengatakan rencana darurat manajemen itu termasuk staf yang telah melakukan perjalanan ke China dan telah kembali.

"Pengaturan kerja yang diperlukan, semisal bekerja dari jarak jauh jika memungkinkan, telah dibuat untuk meminimalkan dampak terhadap kemajuan proyek," kata seorang juru bicara menjawab Reuters.

Baca juga: Catatan Perempuan yang Hidup Sendirian di Wuhan

Tidak jelas berapa banyak warga negara China yang bekerja di proyek ini dan berapa banyak pula dari mereka yang pulang ke kemapung halamannya untuk perayaan Imlek akhir pekan lalu. Diperkirakan 70 persen pekerja proyek berasal dari lokal Malaysia.

Pada saat proyek itu ditangguhkan selama setahun pada Juli 2018, total karyawannya tercatat sebanyak 2.250 orang.

Jalur kereta api sepanjang 640 km itu akan menghubungkan Port Klang di Selat Malaka dengan Kota Bharu di semenanjung timur laut Malaysia.

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Pekerja Asal China Dilarang Kembali ke Malaysia"

Post a Comment

Powered by Blogger.